Kiper Persebaya Serukan Bonek Tidak Balas Perlakuan Aremania

oleh
Kiper Persebaya Serukan Bonek Tidak Balas Perlakuan Aremania
Alfonsius Kelvan © Mustopa El Abdy

SOCCERIDN.com, Surabaya – Penjaga gawang Persebaya Surabaya, Alfonsius Kelvan, sempat mendapatkan teror dari oknum Aremania pada pertandingan Persebaya kontra Arema FC, Sabtu (06/10) lalu di Stadion Kanjuruhan.

Alfon, sapaan arkabnya, mengaku mendapatkan teror oknum suporter Aremania saat melakukan pemanasan pada jeda babak pertama. Dia diserang suporter hingga dilempari botol.

BACA JUGA: PS Tira Optimis Raih Hasil Sempurna di Kandang PSMS

Meskipun mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari suporter rival, pemain yang akrab Alfon ini meminta Bonek tidak melakukan hal serupa kepada tim tamu di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), termasuk Arema FC.

Walaupun Alfon sempat merespon serangan yang dilakukan oleh oknum Aremania tersebut. Namun ia menegaskan bahwa reaksi itu terjadi secara spontan karena dirinya berada dalam ancaman.

“Itu refleks dan di luar dugaan saya. Karena salah satu Aremania nyerang saya duluan dengan pukul tangan saya,” kata Alfon kepada Bola.net.

“Jadi, saya minta Bonek jangan meniru. Kita enggak perlu balas mereka di sini (GBT). Kita harus lebih tenang. Kita harus lebih dewasa,” ungkap Alfon.

Alfon meminta Bonek tetap menjadi suporter yang baik dan ramah terhadap tim tamu.

“Kita tunjukkan saat mereka (Arema) bermain melawan Persebaya di GBT, kita sambut dengan baik, kita welcome dengan mereka,” tuturnya.

Menurut dia, dalam sepak bola rivalitas tidak dilarang, tetapi jangan sampai melakukan provokasi dan tindakan anarkisme.

“Biar saja mereka (pendukung Arema) mau rasisme bagaimana terserah mereka. Kita tunjukkan Bonek sudah berubah,” jelasnya.

Alfon pun yakin para suporter senior dan pentolan Bonek bisa memberikan contoh yang baik kepada seluruh pendukung Persebaya dan warga Surabaya. Dengan demikian, suporter yang usianya lebih muda akan bersikap baik di setiap pertandingan.