Liverpool Vs Everton 1-0, Pertandingan yang Dramatis di Laga Derbi Merseyside ke-100

oleh
Liverpool mengalahkan Everton 1-0 lewat gol di penghujung injury time. (Foto: Phil Noble/Reuters)

SOCCERIDN.com, Liverpool – Liverpool meraih kemenangan sebagai pemenang Derby Merseyside jilid I Liga Inggris 2018/19. Gol di akhir injury time menentukan kemenangan Liverpool atas Everton 1-0.

Liverpool mendominasi permainan melawan Everton dengan penguasaan bola sebesar 61%-39%. Namun dari sembilan percobaan yang tercipta, hanya empat yang mampu mengancam gawang Jordan Pickford.

Berkat kemenangan ini, Liverpool terus menempel juara bertahan Manchester City di puncak klasemen. The Reds menempati peringkat kedua usai mengantongi 36 poin, berjarak dua poin dari City dan unggul lima angka dari Chelsea di posisi ketiga.

Mohamed Salah menerima operan Andrew Robertson di tepi kotak penalti, yang diteruskan Sadio Mane dengan tembakan kaki kiri. Bola melambung tinggi dari gawang Everton.

Saat pertandingan berjalan setengah jam, Roberto Firmino beruntung sebuah sepakan jarak jauh dilepaskan Firmino, tapi kiper Jordan Pickford dalam posisi tepat sehingga tidak ada masalah.

Setelah beberapa menit, Pickford melakukan penyelamatan gemilang. Xherdan Shaqiri dalam posisi one-on-one dengan Pickford usai menerima umpan silang Salah. Namun, Pickford dengan tenang sukses memblok sepakan Shaqiri.

Theo Walcott terbebas ke arah gawang usai menerima umpan Gylfi Sigurdsson. Walcott mengitari Alisson, tapi si kiper Brasil mampu menghentikan momentumnya. Babak pertama berakhir, skor masih 0-0.

Sebuah peluang emas tercipta untuk Liverpool di menit ke-47. Bekerja sama dengan Giorginio Wijnaldum, Salah melepaskan tembakan melengkung kaki kiri ke tiang jauh yang tidak mampu dijangkau Pickford

Saat pertandingan memasuki menit krusial. Pelatih Liverpool, Juergen Klopp melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Firmino dan menggantikannya dengan Origi.

Perubahan yang dilakukan pelatih yang doyan mengenakan topi itu berjalan sesuai rencana. Pasalnya, Origi menjadi aktor penentu kemenangan Liverpool 1-0 atas Everton di pertandingan ini.

Kemenangan ini menjaga posisi Liverpool di peringkat kedua dengan 36 poin dari 14 laga, tertinggal dua angka dari Manchester City. Kedua tim merupakan klub yang masih menjaga rekor tanpa kalah hingga pekan ke-14 Liga Inggris.