Pep Guardiola Pesimis Manchester City Juara Liga Champions Musim Ini

oleh
Pep Guardiola Siap Disalahkan Menyusul Hasil Imbang Lawan Liverpool
Pep Guardiola memimpin Manchester City meraih hasil imbang ketika melawan Liverpool di Anfield (7/10/2018). (AFP/Paul Ellis)

SOCCERIDN.com, Manchester – Josep Guardiola pesimis Manchester City bisa menjadi juara di Liga Champions. Padahal, City dihuni pemain-pemain berkelas dunia yang mampu bersaing di Liga Champions.

Manchester City musim ini memiliki ambisi masif. Pertama, mereka ingin mempertahankan gelar juara Premier League yang diraih tahun lalu. Kedua, Man City juga ingin mewujudkan mimpi di Liga Champions.

Bagi Guardiola, Liga Champions adalah kompetisi yang istimewa.Tak sembarang tim bisa menjuarai kompetisi antar tim papan atas di Liga-Liga Eropa tersebut.

Sejak ditangani Guardiola, Manchester City menjelma jadi salah satu tim terkuat di Eropa. Musim lalu, Man City bahkan menjuarai Premier League dengan memecahkan banyak rekor. Mulai dari poin terbanyak jumlah gol terbanyak dan selisih poin terbesar dari peringkat kedua.

Meski demikian, kekuatan Man City ternyata belum cukup untuk laga-laga sekelas Liga Champions. Pencapaian terbaik Man City adalah semifinal Liga Champions2015/16. Musim 2017/18 lalu, Man City terhenti di perempat final oleh Liverpool.

Guardiola pun menyadari Manchester City masih harus menjaga konsistensi jika ingin tampil sempurna di Eropa.

Ketika Man City sekali lagi dianggap sebagai salah satu favorit juara kompetisi kasta tertinggi di Eropa tersebut. Namun, Dia menjawab tidak sepenuhnya sependapat, ungkap Guardiola di fourfourtwo.

Meski berstatus sebagai pelatih Man City, Pep Guardiola mengakui favorit juara Liga Champions selalu didominasi oleh Real Madrid dan Barcelona. Dia menyadari kedua tim itu memiliki sejarah yang jauh lebih besar dari Man City, juga AC Milan.

Lebih lanjut, Guardiola menyakini ada satu hal lain yang dibutuhkan untuk menjuarai Liga Champions. Bukan hanya pelatih hebat, pemain hebat atau suporter hebat. Lebih dari itu, skuat Man City harus percaya.

“Dan sejujurnya, saya tak tahu apakah kami sudah mencapai titik tersebut,” tutup Guardiola.

Di sepanjang kariernya sebagai pelatih, Pep Guardiola telah memenangkan dua gelar Liga Champions pada tahun 2009 dan 2011. Dua gelar itu ia menangkan hanya dengan satu klub, Barcelona.