Barcelona-Real Madrid Usulkan El Clasico Dihelat 18 Desember 2019

by -208 views
Barcelona dan Real Madrid sepakat mengusulkan partai tunda El Clasico dihelat 18 Desember 2019 (Foto: La Liga)

SOCCERUDN.com, MADRID – Kabar buruk datang bagi pecinta Real Madrid dan Barcelona. Komite Kompetiris Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) memutuskan menunda partai El Clasico yang sedianya berlangsung pada 26 Oktober 2019 di Stadion Camp Nou ke tanggal yang belum ditentukan. Kedua klub sendiri dalam laman resminya, sepakat mengusulkan laga tunda dihelat pada 18 Desember 2019.

Melansir dari Football Espana, Jumat (18/10/2019), RFEF menunda pertandingan tersebut dengan alasan keamanan. Sebab, kondisi di kawasan Catalunya sedang tidak menentu menyusul unjuk rasa yang berlangsung sebagai dampak penangkapan tokoh-tokoh politik pendukung kemerdekaan.

Sekadar informasi, Wakil Presiden Wilayah Otonomi Catalunya, Oriol Junqueras, dijatuhi hukuman penjara selama 13 tahun beberapa waktu lalu. Hukuman tersebut dijatuhkan karena yang bersangkutan dinyatakan menyalahgunakan dana publik untuk referendum kemerdekaan Catalunya pada 1 Oktober 2017 yang dinyatakan ilegal oleh Pemerintah Pusat Spanyol.

Hukuman tersebut memicu terjadinya unjuk rasa besar-besaran di jalanan Barcelona dari massa pro-kemerdekaan Catalunya. Mereka menuntut pembebasan para tahanan politik, termasuk Junqueras. Kondisi keamanan yang tidak stabil itu akhirnya berpengaruh kepada laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid.